10 Ciri-ciri Makhluk Hidup

10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup


10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Berikut Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Freepik)

MAKHLUK HIDUP adalah organisme yang memiliki ciri-ciri kehidupan, seperti bernapas, makan, bergerak, tumbuh, berkembang biakbereaksi terhadap rangsangan, melakukan metabolisme, menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan mengalami kematian.

Makhluk hidup mencakup berbagai jenis organisme, termasuk manusia, hewan, tumbuhan, fungi, dan mikroorganisme seperti bakteri dan protista.

Ciri-ciri tersebut membedakan makhluk hidup dari benda mati dan menjadikannya mampu mempertahankan kehidupan dan melanjutkan generasi berikutnya.

Baca juga: Enam Warisan Sifat Makhluk Hidup dan Perbedaannya

Ciri-ciri makhluk hidup adalah karakteristik yang membedakan mereka dari benda mati.

Berikut 10 Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Bernapas

Semua makhluk hidup mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dalam proses respirasi untuk menghasilkan energi.

2. Makan atau Nutrisi

Makhluk hidup membutuhkan nutrisi untuk bertahan hidup. Nutrisi ini diperoleh melalui proses makan, baik dengan mengonsumsi makanan secara langsung maupun melalui fotosintesis (pada tumbuhan).

Baca juga: Mengenal 12 Sel Hewan, dari Nukleus hingga Mitokondria

3. Bergerak

Makhluk hidup mampu bergerak, baik secara aktif (seperti hewan yang berjalan) maupun pasif (seperti gerak tumbuhan menuju cahaya).

4. Tumbuh dan Berkembang

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah peningkatan ukuran tubuh, sementara perkembangan mencakup perubahan dalam struktur dan fungsi selama hidup.

5. Bereproduksi

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk bereproduksi, baik secara seksual (melibatkan dua individu) maupun aseksual (tanpa melibatkan individu lain), untuk menghasilkan keturunan.

Baca juga: Apa Itu Biosfer? Simak Pengertian, Fakta, Faktor, Serta Manfaatnya di Bumi

6. Ekskresi

Makhluk hidup mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dari tubuh mereka. Proses ini dikenal sebagai ekskresi, yang penting untuk menjaga keseimbangan inside.

7. Iritabilitas atau Respons Terhadap Rangsangan

Makhluk hidup dapat merespons rangsangan dari lingkungan, seperti cahaya, suara, suhu, dan sentuhan.

8. Menyesuaikan Diri atau Adaptasi

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya untuk bertahan hidup, yang dapat terjadi secara jangka pendek (adaptasi perilaku) atau jangka panjang (evolusi).

Baca juga: 9 Ciri-ciri Makhluk Hidup Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

9. Memiliki Metabolisme

Makhluk hidup melakukan serangkaian reaksi kimia dalam tubuh yang disebut metabolisme, yang mencakup anabolisme (sintesis) dan katabolisme (pemecahan).

10. Mengalami Kematian

Semua makhluk hidup pada akhirnya akan mati, yang merupakan akhir dari siklus hidup mereka.

Ciri-ciri ini adalah dasar yang digunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan makhluk hidup dari benda mati. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *