Waspadai Krisis Pangan, Kementan Fokus Tingkatkan Produksi Padi

Waspadai Krisis Pangan, Kementan Fokus Tingkatkan Produksi Padi


Waspadai Krisis Pangan, Kementan Fokus Tingkatkan Produksi Padi
Petugas menyiapkan bantuan mesin pompa air dalam gelar apel siaga di lapangan Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (23/4).(ANTARA/MAKNA ZAEZAR)

WAKIL Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengatakan bahwa pihaknya saat ini tengah fokus meningkatkan produksi khususnya tanaman padi melalui program pompanisasi dan optimasi lahan (Oplah) untuk mewaspadai potensi krisis pangan yang terjadi.

“Yang jelas Kementan ini siang malam gak libur, gak istirahat. Saya bisa pastikan kita ini siang malam kita pastikan pompanisasi, pipanisasi, oplah yang ada di lahan rawa itu,” ujar Sudaryono saat ditemui di Gedung Kementan, Jakarta, pada Senin (29/7).

Selain mengadakan program pompanisasi, sambungnya, Kementan juga memperhatikan distribusi serta pemanfaatan dari pompa yang disalurkan kepada daerah-daerah di Indonesia.

Baca juga: Kementan Proaktif Jaga Produksi Padi Lewat Pompanisasi dan Percepatan Tanam

“Karena finishing prestasi Kementan ini adalah panen, bagaimana panen cukup untuk kebutuhan pangan rakyat kita,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sudaryono menyebut bahwa tidak ada cara lain menghindari krisis pangan selain mengebut program pompanisasi dan oplah.

“Makanya ditekankan pak Menteri menjadi perhatian kita di Kementan kejar goal. Kita goal pompa harus didistribusi sampai Agustus pertengahan harus sampai, karena apa? Kalau sampainya nanti-nanti ibarat orang wafat obatnya baru datang, kita ingin datang di situasi yang tepat,” terang dia.

Baca juga: Kementan Dorong Pompanisasi dan Percepat Tanam Padi di Nganjuk Jawa Timur

Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu negara pengekspor beras ke Indonesia, yakni Vietnam saat ini sedang kesulitan karena urusan perubahan iklim.

“Jadi yang ingin kami sampaikan adalah sense of urgency, kita ini urgen urusan pangan, jangan dianggap sepele,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, overall pompanisasi yang sudah termanfaatkan di seluruh Indonesia kurang lebih mencapai 20.559 unit atau seluas 582.528 hektare pompanisasi yang sudah terealisasikan. Saat ini, kegiatan pompanisasi juga sejalan dengan perluasan areal tanam (PAT) di seluruh Indonesia. (Z-6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *