Arsenal-Brighton: Insiden Kartu Merah untuk Declan Rice

Arsenal-Brighton Insiden Kartu Merah untuk Declan Rice


Arsenal-Brighton: Insiden Kartu Merah untuk Declan Rice
Declan Rice (instagram @declanrice)

Pelatih Arsenal Mikel Arteta menyindir wasit Chris Kavanagh lantaran mengeluarkan kartu merah untuk Declan Beras saat timnya bermain imbang 1-1 melawan Brighton, dalam pertandingan lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (31/8) malam.

Rice dikeluarkan wasit dari lapangan pada menit ke-49 karena dianggap mengulur waktu dengan menendang bola ketika pemain West Ham Joel Veltman hendak mengambil tendangan bebas. Sebelumnya, ia mendapat kartu kuning atas pelanggaran terhadap pemain asal Belanda itu.

“Saya kagum,” kata Arteta. “Kagum, kagum, kagum karena betapa tidak konsistennya keputusan yang diambil. Di babak pertama, ada dua insiden dan tidak terjadi apa-apa,” ujarnya, seperti dilansir BBC.

Baca juga: Arsenal Disingkirkan West Ham dari Ajang Piala Liga

Arteta yakin timnya pantas memenangkan pertandingan dan penyerang Brighton Pedro, kata dia,  seharusnya mendapat kartu kuning karena menendang bola menjauh setelah peluit dibunyikan di babak pertama.

Namun, pelatih tim tamu Fabian Hurzeler mengatakan Arteta tidak dapat membandingkan insiden tersebut dan Rice memang pantas dikeluarkan. “Bagi saya, kartu merah yang jelas. Ia menendang bola menjauh, itu membuang-buang waktu,” ujarnya.

Pihak Liga Primer mengonfirmasi bahwa Rice dikeluarkan karena “menunda dimulainya kembali permainan” – dan, menurut hukum 12 di situs internet Asosiasi Sepak Bola, ini adalah pelanggaran yang dapat dikenai peringatan.

Baca juga: Arteta Optimistis Rice akan Dapat Sambutan Apik di West Ham

Tindakan termasuk “menendang atau membawa bola menjauh, atau memprovokasi konfrontasi dengan sengaja menyentuh bola setelah wasit menghentikan permainan”.

Mantan wasit Mike Dean mengatakan sudah dijelaskan kepada tim sebelum musim dimulai bahwa menendang bola menjauh akan mengakibatkan kartu kuning. “Sayangnya bagi Declan, dia menendang bola menjauh,” kata Dean di Sky Sports activities. “Declan sudah mendapat kartu kuning dan wasit tidak punya pilihan selain mengusirnya.”

Dalam pertandingan itu, Arsenal unggul lebih dulu melalui kai Havertzh di menit ke-38, namun disamakan pada menit ke-58 oleh Joao Pedro.(M-3)

Baca juga: Arteta Puji Anak Asuhnya Berhasil Tahan Imbang Chelsea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *