Tinggi Gelombang di Perairan Bali Diprediksi Capai 2,5 Meter Selama 3 Hari ke Depan

Tinggi Gelombang di Perairan Bali Diprediksi Capai 2,5 Meter Selama 3 Hari ke Depan


Tinggi Gelombang di Perairan Bali Diprediksi Capai 2,5 Meter Selama 3 Hari ke Depan
Gelombang ombak di pantai Kuta, Bali.(Dok. Antara)

DALAM tiga hari ke depan, terhitung mulai Sabtu (31/8) hingga Senin (2/9) 2024, tinggi gelombang laut di perairan Bali khususnya di selatan Bali diprediksi mencapai hingga 3,5 meter. Begitu juga di Selat Bali dan Selat Lombok berkisar 0,5 hingga 2,5 meter.

Dengan potensi tinggi gelombang di atas dua meter tersebut, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar mengimbau kepada masyarakat, juga nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari untuk lebih waspada dalam beraktivitas di laut.

“Masyarakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari agar mewaspadai potensi peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang laut yang dapat mencapai dua meter atau lebih di perairan selatan Bali,” ujar Kepala BMKG Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (31/8).

Baca juga: BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Landa Jawa hingga NTT dalam Sepekan ke Depan

Selain itu, masyarakat juga diimbau mewaspadai dampak cuaca ekstrem seperti pohon tumbang, tanah longsor, genangan air, tanah longsor termasuk juga banjir. Angin diprediksi umumnya bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan berkisar 10 hingga 30 km/jam.

Sementara kondisi cuaca diprediksi turun hujan ringan secara tidak merata terutama di wilayah Bali bagian timur dan tengah. Kondisi di lapangan seperti di Sebagian wilayah Kabupaten Badung sejak pagi cuaca mendung dan menjelang sore sempat turun gerimis. (Z-9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *