Fakta-fakta Persiapan Sidang Kabinet di IKN, Apakah Pekan Depan?


TEMPO.COBahasa Indonesia: Jakarta Presiden Jokowi mengatakan, ia sudah siap pindah kantor ke IKN alias Ibu Kota Nusantara pada 28 Juli 2024 asalkan fasilitasnya sudah tersedia. Pada tanggal tersebut, Presiden Jokowi direncanakan meresmikan infrastruktur tol dan meninjau progres pembangunan IKN. Termasuk menggelar sidang kabinet….

Selain itu, Presiden juga dijadwalkan memimpin sidang kabinet perdana yang direncanakan berlangsung di Kantor Presiden kawasan IKN dua hari kemudian. Lantas benarkah kabar tersebut dan bagaimana sejauh ini persiapannya?

Jokowi: Masa sidang kabinet lesehan?

Saat ditanya terkait persiapan sidang kabinet tersebut, Jokowi kembali menegaskan bahwa hal itu bergantung pada kesiapan fasilitas.

“Kalau semuanya sudah siap. Kalau kursinya belum siap gimana? Duduk masa lesehan, sidang kabinet lesehan,” katanya.

Jokowi kembali menegaskan bahwa dirinya tidak ingin memaksakan kehendak untuk berkegiatan di IKN bila hal itu berpengaruh pada penurunan kualitas inside hingga bangunan di IKN.

“Semua kesiapan, sekali lagi kesiapan di IKN, dan kita tidak ingin paksa-paksa yang nanti menurunkan kualitas inside, bangunan, nggak. Selama itu benar-benar siap, saya akan masuk,” katanya.

Danis Sumadilaga: Kemungkinan ya

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara, Danis Sumadilaga, membenarkan kabar rencana Jokowi menggelar Sidang Kabinet di IKN.

“Kemungkinan ya. Plt Kepala Otorita sekaligus Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono sudah beberapa hari di IKN,” katanya melalui pesan singkat kepada Pace pada Senin, 22 Juli 2024.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono tidak membantah dan membenarkan soal rencana Jokowi gelar rapat kabinet akhir bulan ini. Heru menyebut bahwa kepastian soal sidang kabinet bisa dijelaskan oleh Sekretariat Kabinet Pramono Anung.

Iklan

“Yang jelas bapak presiden dalam waktu dekat ke sana,” kata Heru. “Kalau saya, ada sidang kabinet atau tidak, kami sekretariat presiden mempersiapkan segala sesuatunya ya untuk kebutuhan kantor di sana.”. Sementara itu, Sekretariat Kabinet Pramono Anung tidak membalas pesan yang dikirim ke nomor ponselnya.

Tanggapan para menteri

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menginformasikan bahwa bakal ada sidang kabinet dalam waktu dekat, namun tanggalnya masih ditentukan. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan kepada Pace bahwa untuk sementara Sidang Kabinet dijadwalkan pada 1 Agustus 2024.

“1 Agustus sementara time table rapat kabinet di IKN. Saya belum dapat undangan,” kata Zulhas melalui pesan singkat kepada Pace, Senin, 22 Juli 2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menanggapi kabar Jokowi menggelar sidang kabinet di IKN dalam waktu dekat. Airlangga tidak mau banyak komentar soal rencana sidang kabinet ini.

Ketua Umum Golkar ini hanya menjawab singkat mengenai keikutsertaannya pada rencana rapat itu. “Belum mendapat undangan,” kata Airlangga sebelum masuk mobil dinasnya dan bergegas dari pintu depan Istana Negara, Kamis, 25 Juli 2024.

HATTA MUARABAGJA | DANIEL A. FAJRI | MELYNDA DWI PUSPITA | ANDIKA DWI
Pilihan editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *