Nations League: Menanti Era Baru The Three Lions

Countries League Menanti Technology Baru The 3 Lions


Nations League: Menanti Era Baru The Three Lions
Timnas Inggris(Instgram @england)

Lima puluh lima hari setelah kekalahan di ultimate Piala Eropa 2024, Timnas Inggris kembali akan beraksi dengan bertandang ke Irlandia pada ajang UEFA Countries League, Sabtu (7/9) malam, di Stadion Aviva, Dublin. Laga yang akan digelar pada pukul 23.00 WIB itu akan menjadi ujian perdana Lee Carsley yang menjadi pelatih period in-between the Tiga Singa.

Pertandingan di Dublin bakal mencuri perhatian karena menandai generation baru bagi Inggris usai delapan tahun masa jabatan Gareth Southgate. Lee Carsley, yang memimpin Inggris meraih kemenangan di Kejuaraan Eropa U-21 pada 2023, bertekad untuk bisa meninggalkan jejaknya sendiri.

Baca juga: Eddie Howe Mengaku Bahagia di Newcastle United

Dua negara tetangga itu bentrok pada laga perdana Liga B Grup 2. Di grup yang sama juga dihuni Finlandia dan Yunani.

Carsley memiliki kesempatan untuk menunjukkan apa yang dapat dibawanya ke timnas senior. Pasalnya, FA akan segera menunjuk pelatih tetap menghadapi kualifikasi untuk Piala Dunia 2026 yang akan dimulai Maret mendatang untuk zona Eropa.

Carsley datang dengan gaya sepak bolanya yang dijuluki ‘Carsball’. Dia ditantang untuk memainkan sepak bola yang lebih berani seperti tuntutan suporter Inggris berkaca dari kekecewaan di Piala Eropa 2024.

Baca juga: Bellingham Merasa Berutang Budi Pada Southgate

“Penting untuk memberikan sedikit sentuhan pribadi saya sambil mengakui apa yang telah dilakukan para pemain di masa lalu ketika kami sudah begitu dekat,” kata Carsley dilansir BBC.

Dari pemain-pemain yang dipanggil, terdapat sejumlah kejutan. Carsley  memboyong penyerang Chelsea Noni Madueke yang pertama kalinya dipanggil timnas senior.

Gelandang Nottingham Wooded area Morgan Gibbs-White, bek Newcastle Tino Livramento, dan gelandang Lille Angel Gomes juga mendapat kesempatan berseragam timnas. Meski mempertahankan beberapa pemain inti andalan Southgate, pilihan Carsley dinilai cukup berani dengan memberi kesempatan bagi banyak pemain muda.

Baca juga: Gary Neville: Southgate Lakukan Pekerjaan yang Luar Biasa

Madueke mencetak empat gol dalam empat pertandingan musim ini, termasuk hat-trick melawan Wolves, sedangkan Gibbs-White juga tampil cemerlang bersama Nottingham Wooded area.

Livramento yang lahir di Croydon memiliki beberapa pilihan karena ibunya berasal dari Skotlandia dan ayahnya dari Portugal, tetapi  memantapkan diri dengan seragam 3 Lions.

Mantan pemain Manchester United Gomes akan bermain di Liga Champions musim ini bersama Lille. Sementara itu, Jack Grealish kembali masuk tim, setelah tersisih dalam skuad Southgate untuk Piala Eropa 2024.

Baca juga: PM Inggris dan FA Ucapkan Terima Kasih ke Gareth Southgate

Kubu Irlandia juga punya pelatih baru Heimir Hallgrimsson. Pria berusia 57 tahun itu mengambil alih tampuk keoelatihan sebagai penerus Stephen Kenny yang gagal overall.

Hallgrimsson dalam misi berat mengembalikan kepercayaan diri tim setelah hanya memenangkan 11 dari 40 pertandingan terakhir.

Irlandia sempat dilatih sementara oleh John O’Shea dengan hasil campur aduk di awal tahun. Mereka mengalahkan Hungaria, lalu bermain imbang dengan Belgia, dan setelah itu kalah dari Swiss serta Portugal.

Menjamu Inggris di kandang sendiri akan menjadi pembuktian Hallgrimsson setelah melatih timnas Jamaika yang juga dengan hasil kurang memuaskan di Copa The united states 2024. (skysports/M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *