Jokowi: Hari-hati, Ini Tiga Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Jatim

Jokowi Hari-hati, Ini Tiga Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Jatim


Jokowi: Hari-hati, Ini Tiga Penyakit Penyebab Kematian Tertinggi di Jatim
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat peresmian Rumah Sakit Kemenkes Surabaya(Dok. Antara)

PENYAKIT jantungBahasa Indonesia: stroke Dan kanker menjadi penyebab kematian paling tinggi di Indonesia, termasuk di Jawa Timur (Jatim). Jatim menjadi daerah dengan angka kematian tertinggi ketiga di Indonesia yang disebabkan oleh tiga penyakit tersebut.

Jatim berada di urutan ketiga setelah Yogyakarta dan Jawa Tengah (Jateng). Hal itu diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Rumah Sakit Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Vertikal Surabaya milik Kementerian Kesehatan di Surabaya, kemarin. Presiden minta masyarakat berhati hati terhadap ketiga penyakit tersebut.

Pembangunan RS UPT Vertikal di Surabaya, menurut Presiden, sangat penting untuk menangani pasien tiga penyakit tersebut. Pemerintah, lanjut Jokowi, tidak mempersoalkan harus mengeluarkan banyak uang asalkan pelayanan rumah sakit baik, dan pasien cepat sembuh.

Baca juga: Konsumsi Aspirin Bisa Cegah Penyakit Jantung dan Kanker Usus Besar

“Kalau RS seperti sekarang, tadi saya masuk seperti masuk lodge bintang lima. Kalau RS seperti ini, pelayanannya baik, dan yang sakit cepat sembuh bukan malah kerasan karena rumah sakitnya bagus, ini akan mencegah kehilangan devisa kita kurang lebih Rp180 triliun tiap tahun karena masyarakat kita pergi ke Singapura, Jepang, Malaysia, dan Amerika Serikat untuk berobat,” tegasnya.

RS UPT Vertikal Kemenkes di Kota Surabaya dibangun di atas lahan seluas 5,2 hektare, dengan biaya sekitar Rp1,6 triliun.RS UPT Vertikal Kemenkes di Surabaya memiliki empat tower atau gedung. Tower A adalah Clinical Middle atau gedung utama, Tower B untuk Spesialis Jantung, Tower C untuk Spesialis Otak/Stroke, dan Tower D untuk Spesialis Kanker.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim RS UPT Vertikal Surabaya merupakan RS UPT Vertikal Katastropik pertama dan terbesar di Indonesia.RS UPT Vertikal Kemenkes di Surabaya didesain sebagai rumah sakit tremendous hub untuk layanan tiga penyakit penyebab utama kematian (katastropik) di Indonesia, yaitu kanker, jantung dan stroke.

Rencananya, RS ini juga akan dikembangkan menjadi RS Pendidikan yang melaksanakan fungsi edukasi, pusat penelitian, dan pengembangan kesehatan. Selain di Surabaya, Jawa Timur, RS UPT Vertikal juga dibangun di tiga provinsi lainnya yaitu RS UPT Vertikal Makassar di Sulawesi Selatan, RS Vertikal di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, dan RS Vertikal Jayapura di Papua. (Z-9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *