Survei: Warga Jakarta Masih Ingin Ahok dan Anies Kembali Jadi Gubernur

Survei Warga Jakarta Masih Ingin Ahok dan Anies Kembali Jadi Gubernur


Survei: Warga Jakarta Masih Ingin Ahok dan Anies Kembali Jadi Gubernur
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan dan Basuki Tjahaja Purnama(MI/ROMMY PUJIANTO)

HASIL survei Political Technique Workforce (PSG) menyatakan bahwa Basuki Tjahja Purnama alias Ahok Dan Anies Baswedan masih diinginkan untuk maju kembali di Pilkada Jakarta 2024. Pasalnya tingkat kepuasan atas kinerja ke duanya selama menjabat sebagai gubernur masih tinggi.

Kepala peneliti PSG Ahsan Ridhoi mengatakan, dalam survei tersebut pihaknya melempar pertanyaan siapa sosok calon Gubernur yang warga Jakarta akan pilih di Pilkada Jakarta 2024.

Hasilnya, Anies Baswedan tertinggi dengan tingkat keterpilihan sebesar 39%, Basuki Tjahaja Purnama 22% dan Ridwan Kamil sebesar 15%.

Baca juga: Survei: Tingkat Kesukaan Warga Jakarta ke Ridwan Kamil Lebih Tinggi dari Anies dan Ahok

“Artinya warga Jakarta itu pada dasarnya cenderung menginginkan mantan Gubernurnya itu kembali memimpin mereka. Dan itu juga tercermin dari, berkolerasi dengan kepuasan. Ahok dan Anies itu sangat tinggi,” kata Ahsan dalam acara Rilis Survei Pilkada Jakarta, di Jakarta, Sabtu (7/9).

Adanya survei ini juga memotret bagaimana tingkat kepuasan dari kinerja Ahok dan Anies saat memimpin Jakarta lalu. Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat atas kinerja Ahok sebesar 84%.

“Sementara untuk Anies tingkat kepuasan warga terhadap kinerjanya mencapai 75%,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam survei kali ini Political Technique Workforce melakukan penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.540 orang. Periode survei PSG ini mulai 6 hingga 15 Agustus 2024 di seluruh kota Daerah Khusus Jakarta.

Sampel berasal dari seluruh Jakarta yang terdistribusi secara proporsional. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. (P-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *