Politik Uang Jadi Kerawanan Tertinggi Jelang Pilkada 2024

Politik Uang Jadi Kerawanan Tertinggi Jelang Pilkada 2024


Politik Uang Jadi Kerawanan Tertinggi Jelang Pilkada 2024
Ilustrasi(Antara)

PRAKTIK politik uang atau politik uang disinyalir merupakan kerawanan tinggi yang marak terjadi pada Pilkada serentak 2024 di Kabupaten TemanggungBahasa Indonesia: Jawa Tengah.

Ketua Bawaslu Kabupaten Temanggung, Roni Novriandi, mengatakan hal itu diketahui berdasarkan pemetaan kerawanan politik berbasis pada peristiwa yang terjadi pada Pilkada 2018, Pemilu 2019, dan Pemilu 2024 di Kabupaten Temanggung.

“Kami memetakan kerawanan pilkada, yakni kerawanan tinggi, sedang dan rendah pada Pilkada 2024. Kerawanan yang paling tinggi atau nomor satu adalah politik uang,” ungkap Roni, Minggu (8/9).

Baca juga: Bawaslu Luwu Usut Dugaan Pelanggaran Netralitas Kepala Desa

Adapun yang berada pada nomor dua kerawanan tinggi yang berpotensi terjadi adalah pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Termasuk juga pelanggaran netralitas para kepala desa, perangkat desa, TNI, dan Polri.

Sebelumnya, guna menciptakan dan mempertahankam kondusifitas pada Pilkada 2024, Kapolres Temanggung AKB Ary Sudrajat telah mengunjungi tokoh-tokoh agama di daerah tersebut.

Tokoh-tokoh agama yang dikunjungi di antaranya adalah Ketua PC Nahdlatul Ulama KH Muhammad Furqon (Gus Furqon), Ketua MUI Kabupaten Temanggung KH Yaqub Mubarok, dan Wakil Ketua MUI Kabupaten Temanggung Muh Faizun.

Baca juga: Anggota DPR Minta Bawaslu dan Kemendagri Awasi Ketat Netralitas ASN dalam Pilkada Serentak 2024

Ary mengatakan, kunjungan ke sejumlah tokoh agama itu untuk memperkuat sinergi antara kyai dan Polri.

“Penting kerja sama antara Polri dan tokoh agama dalam menjaga kamtibmas, khususnya menjelang Pilkada 2024,” katanya.

Menurut dia, silaturahmi merupakan bagian dari upaya untuk membangun sinergitas yang lebih kuat dengan tokoh agama dan masyarakat. Untuk itu, seluruh pihak diharapkan dapat bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Temanggung. (TS/J-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *