Kalsel Berharap Bantuan Helikopter Patroli dan Water Bombing

Kalsel Berharap Bantuan Helikopter Patroli dan Water Bombing


Kalsel Berharap Bantuan Helikopter Patroli dan Water Bombing
Karhutla di wilayah Kota Banjarbaru,Kalsel.(MI/Denny Susanto)

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan berharap BNPB segera mengirimkan bantuan helikopter patroli dan water bombing untuk membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah tersebut.

“Kita berharap bantuan helikopter patroli dan water bombing segera tiba di Kalselsehingga upaya penanganan karhutla dapat lebih optimum,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi, Minggu (9/9).

Kalsel sendiri mengusulkan bantuan masing-masing dua helikopter patroli dan water bombing. Helikopter ini akan digunakan untuk pemantauan dan pemadaman karhutla di lokasi yang sulit dijangkau.

Baca juga: Kawasan Bandara Diusulkan Jadi Prioritas Penanganan Karhutla

Di samping helikopter Kalsel juga mengusulkan kepada BNPB untuk melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). “Meski karhutla belum parah dan masih bisa ditangani tim satgas darat, namun upaya maksimal melalui satgas udara maupun TMC tetap diperlukan,” ujarnya.

Hingga kini karhutla di Kalsel terus terjadi di sejumlah wilayah. Knowledge Pusdalops BPBD Kalsel mencatat pada Sabtu (8/9), karhutla terjadi di wilayah Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Kota Banjarbaru menjadi daerah paling banyak kejadian karhutla baik akibat faktor cuaca panas maupun kesengajaan masyarakat yang melakukan pembersihan lahan.

Pada bagian lain, masyarakat di beberapa daerah di Kabupaten Banjar mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau. (N-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *