Penemuan Fosil Trilobit Ungkap Struktur Kepala dan Pelengkap Baru yang Mengejutkan

Penemuan Fosil Trilobit Ungkap Struktur Kepala dan Pelengkap Baru yang Mengejutkan


Penemuan Fosil Trilobit Ungkap Struktur Kepala dan Pelengkap Baru yang Mengejutkan
Penelitian American Museum of Herbal Historical past dan Universitas Nanjing mengungkap trilobit, arthropoda prasejarah yang punah, memiliki sepasang kaki tambahan di bawah kepala mereka. (scitechdaily)

PENEMUAN fosil trilobita yang baru-baru ini di upstate New York mengungkap wawasan baru tentang struktur kepala arthropoda prasejarah ini. Penelitian yang dipimpin American Museum of Herbal Historical past dan Universitas Nanjing di Tiongkok menemukan adanya sepasang kaki tambahan di bawah kepala trilobit. Fitur ini lebih umum pada trilobit dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya.

Trilobit adalah kelompok arthropoda punah yang memiliki kerabat dekat seperti lobster dan laba-laba. Tubuh trilobit terdiri dari berbagai segmen, termasuk kepala yang merupakan hasil penyatuan beberapa segmen. Seperti pada thorax dan ekor, segmen-segmen ini biasanya dilengkapi dengan pelengkap yang berfungsi untuk berbagai tujuan, seperti indra dan gerakan.

Melanie Hopkins, kurator dan ketua Divisi Paleontologi di Museum Sejarah Alam Amerika, menekankan pentingnya memahami jumlah segmen ini dan kaitannya dengan fitur lainnya, seperti mata dan kaki, untuk mempelajari hubungan evolusioner antar arthropoda.

Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara jumlah segmen yang terlihat pada eksoskeleton luar trilobit dan jumlah kaki serta antena yang dapat diamati dari sisi bawah fosil. Studi terbaru ini menunjukkan fosil trilobit Triarthrus eatoni yang terawetkan dengan baik memperlihatkan sepasang kaki tambahan, yang sebelumnya tidak terdokumentasikan.

Jin-Bo Hou dari Universitas Nanjing menjelaskan, “Kualitas pelestarian fosil ini memungkinkan kami mengamati pelengkap three-D secara langsung dari sisi ventral, mirip dengan melihat pelengkap kepiting tapal kuda di pantai.”

Dengan membandingkan trilobit Triarthrus eatoni dengan spesies trilobit lain, Olenoides serratus, yang ditemukan di Burgess Shale, British Columbia, Hopkins dan Hou mengembangkan type baru tentang bagaimana pelengkap trilobit terhubung dengan kepala.

Fashion ini mengusulkan kepala trilobit terdiri dari enam segmen: satu segmen anterior terkait dengan asal-usul mata, dan lima segmen tambahan yang masing-masing terhubung dengan sepasang antena dan empat pasang kaki berjalan.

Penemuan ini memberikan pemahaman yang lebih rinci tentang bagaimana segmen dan pelengkap pada trilobit terorganisasi, serta memperdalam pengetahuan kita tentang evolusi arthropoda purba. (scitechdaily/Z-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *