Jokowi Resmikan Hotel Bintang Lima dan Groundbreaking Nusantara Mal Duty Free

Jokowi Resmikan Lodge Bintang Lima dan Groundbreaking Nusantara Mal Responsibility Loose


Jokowi Resmikan Hotel Bintang Lima dan Groundbreaking Nusantara Mal Duty Free
Presiden Jokowi meresmikan lodge dan mal responsibility loose di IKN.(Biro Pers Sekretariat Presiden)

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan selesainya pembangunan Swissotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur. Presiden mengatakan proses pembangunan memakan waktu sembilan bulan.

Baca juga: 4 Investor Mulai Groundbreaking di IKN

“Sudah terbukti 9 bulan bisa menyelesaikan hotel bintang lima (dengan) 191 kamar. Bukan pekerjaan yang mudah tapi Indonesia bisa mengerjakan ini,” ucap Presiden dalam sambutannya  Jumat, (13/9).

Ia mengatakan Ibu Kota Nusantara  akan ada banyak aktivitas penerbangan di Bandara Nusantara.  Ia berharap ekosistem  sebuah  kota dapat terbangun.

Baca juga: Pakuwon Siapkan Capex Rp650 M untuk Bangun Superblok di IKN

“Ada penduduknya, ada warganya, ada rumah sakitnya, ada sekolahnya, ada hotelnya, ada malnya. Tidak mudah, butuh waktu. Tapi kepercayaan yang kita bangun kelihatannya diambil betul kesempatan ini, peluangpeluang yang ada oleh banyak investor,” lanjutnya.

Baca juga: Presiden Resmikan Pembangunan Hotel dan Restoran di IKN

Selain jalur udara, pembangunan jalan tol menuju IKN yang diperkirakan selesai pada pertengahan  2025 sehingga menurut presiden menambah keramaian di Nusantara.

“Karena tersambung Samarinda-Balikpapan, Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara sehingga keramaian itu akan makin menghidupkan ibu kota kita. Gambarannya seperti itu,” tambahnya.

Baca juga: Jokowi Apresiasi Pembangunan Hotel Bintang Tiga dan Restoran Pertama di IKN

Pada kesempatan tersebut, presiden juga melakukan terobosan Nusantara Mal Tugas Bebas. Dengan pembangunan sejumlah fasilitas pendukung tersebut, presiden meyakini perpindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Nusantara dapat segera terlaksana.

“Rumah sakit selesai, sekolah selesai, malnya ada, infrastruktur jalan juga sudah memadai, saya kira akan muncul keramaian dan kita ingin segera mendorong sebanyak-banyaknya ASN kita untuk pindah ke Ibu Kota Nusantara,” kata Presiden.

Terakhir, Presiden menyampaikan bahwa pemerintah memberikan peluang secara terbuka kepada para investor untuk menanamkan modalnya di IKN. Otorita IKN telah menyiapkan kurang lebih 400 bidang tanah yang akan segera diluncurkan bagi para investor.

“Plotnya misalnya disini untuk perdagangan, untuk lodge ya lodge, untuk kantor ya kantor. Dan minggu akan kami buka lagi sehingga investasi baru bisa masuk,” tandasnya.  (H-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *