Sejumlah Hal yang Harus Diperhatikan saat Pasang AC

Sejumlah Hal yang Harus Diperhatikan saat Pasang AC


Sejumlah Hal yang Harus Diperhatikan saat Pasang AC
Ilustrasi pengunjung sedang memilih AC di toko(Dok)

MEMASANG pendinign udara atau AC (air conditioner) di rumah atau kantor bukanlah tugas yang bisa dianggap sepele. Agar perangkat pendingin udara ini berfungsi optimum dan bertahan lama, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan selama proses pemasangan. Berikut adalah panduan untuk memastikan pemasangan AC Anda dilakukan dengan benar:

Lokasi pemasangan unit indoor dan outside AC sangat mempengaruhi kinerja dan efisiensinya. Pastikan unit indoor ditempatkan di space yang memiliki sirkulasi udara baik dan tidak terhalang oleh furnitur atau tirai.

Pun begitu dengan kapasitas AC yang dipilih sesuai dengan ukuran ruangan untuk menghindari overwork atau underwork. Kapasitas AC diukur dalam satuan BTU (British Thermal Unit), dan penting untuk memilih AC dengan kapasitas yang sesuai dengan luas dan jenis ruangan

Baca juga: Pengusaha Beri Masukan Soal Wacana Pemindahan Jalur Masuk Barang Impor

Pemasangan saluran dan pipa AC harus dilakukan dengan benar untuk menghindari kebocoran dan efisiensi yang menurun. Pastikan semua sambungan pipa terpasang rapat dan tidak ada kebocoran yang dapat mengurangi kinerja AC.

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) melanjutkan ekspansi pemasaran lini produk pendingin udara AC House Central dengan meresmikan DAIKIN Proshop Showroom pertama di Semarang, Jawa Tengah. Peresmian showroom ini dilakukan dalam kolaborasi dengan PT Tiga Kurnia Sentosa, yang bertujuan untuk memperluas jangkauan pemasaran solusi pendingin udara kelas top rate.

Shinji Miyata, President Director PT Daikin Airconditioning Indonesia, menyatakan bahwa kehadiran showroom ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk menghadirkan solusi tata udara yang mengutamakan performa dan estetika bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya.

Baca juga: Mahasiswa UNDIKNAS Pelajari Industri Tata Udara dari DAIKIN

“Kami ingin memperkenalkan sistem tata udara yang tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga menambah nilai estetika ruang hunian dan bangunan mild business di space ini,” ujar Miyata.

DAIKIN Proshop Showroom di Jalan Dokter Cipto No. 108, Rejosari, Kecamatan Semarang Timur, ini dirancang untuk menyerupai ruang hunian trendy, dengan penataan inner yang meliputi ruang keluarga dan dapur. Hal ini bertujuan untuk memberi inspirasi kepada pengunjung mengenai gaya hunian trendy yang dilengkapi dengan sistem tata udara inovatif dari DAIKIN.

AC House Central DAIKIN, yang menjadi produk utama dalam showroom ini, merupakan solusi pendingin udara top rate yang excellent untuk hunian trendy serta kebutuhan bangunan mild business seperti kafe dan restoran. Dengan kemampuan mengoperasikan beberapa unit indoor hanya dengan satu unit outside, serta pilihan desain yang dapat menyatu dengan inner, AC House Central juga menawarkan kontrol kelembapan dan filtrasi udara berlapis untuk meningkatkan kualitas udara dan kesehatan.

Showroom ini juga memperkenalkan berbagai type AC House Central, termasuk type ducting yang tersembunyi dalam plafon untuk kesan elegan, serta type cassette untuk dapur yang dilengkapi fitur anti minyak dan anti asap. Pengunjung dapat berinteraksi dengan sistem menggunakan aplikasi pintar Reiri House, yang memungkinkan pengoperasian AC dan Warmth Reclaim Ventilator tipe VAM dari satu perangkat.

Baca juga: Vokasi Mampu Jawab Kebutuhan Perkembangan Dunia Industri

Yoseph Kurniawan, pemilik DAIKIN Proshop Showroom Tiga Kurnia Sentosa, menambahkan bahwa showroom ini tidak hanya menawarkan produk beragam tetapi juga layanan lengkap. “Kami menyediakan konsultasi profesional, instalasi, pemeliharaan oleh teknisi tersertifikasi, serta layanan purna jual untuk memastikan kepuasan pelanggan,” ujarnya.

Kemitraan antara DAIKIN dan PT Tiga Kurnia Sentosa telah berlangsung selama 13 tahun dan resmi bergabung sebagai broker DAIKIN Proshop pada tahun 2022. Miyata menegaskan bahwa showroom ini akan memperkuat upaya DAIKIN dalam mempromosikan penggunaan AC sentral sebagai solusi excellent di wilayah Semarang dan sekitarnya.

“Dengan kemitraan yang kuat dan visi yang sejalan, kami yakin bahwa DAIKIN Proshop Showroom ini akan menjadi salah satu pilar utama dalam pengembangan solusi tata udara di Semarang,” tutup Miyata.(Z-8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *