Apakah Konsumsi Belimbing Berbahaya Bagi Ginjal? Ini Penjelasannya

Apakah Konsumsi Belimbing Berbahaya Bagi Ginjal Ini Penjelasannya


Apakah Konsumsi Belimbing Berbahaya Bagi Ginjal? Ini Penjelasannya
Belimbing(MI/Dede Susianti)

BUAH dan sayur sejatinya baik bagi tubuh, namun jika konsumsinya berlebihan juga tidak baik. Hal ini pun berlaku dengan buah belimbing yang disebut bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal jika dikonsumsi berlebihan. Apakah benar?

Seorang Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. R.A. Adaninggar Primadia Nariswari, Sp.PD., mengatakan, menurut beberapa laporan kasus menunjukkan buah belimbing bisa menyebabkan gangguan yang cukup berbahaya, baik pada ginjal yang sudah terganggu maupun yang masih sehat.

Lebih lanjut, dr Ningz, demikian sapaannya, menjelaskan mengapa buah belimbing bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal.

Baca juga: Ini Manfaat Belimbing bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Penyakit Kronis

“Kandungan oksalat yang cukup tinggi pada belimbing bisa menyebabkan gagal ginjal akut akibat sumbatan dari endapan kristal oksalat apabila dikonsumsi terlalu banyak dan dikonsumsi dalam kondisi dehidrasi atau tidak disertai minum air putih yang cukup banyak,” jelas Ningz melalui instagram pribadinya @drningz, dilansir Senin (16/9).

“Sedangkan pada ginjal yang sudah terganggu bisa terjadi penumpukan zat yang namanya kromboksin yang bisa menyebabkan suatu neurotoxicity atau keracunan pada saraf sehingga bisa menyebabkan gangguan-gangguan seperti mual muntah, bersendawa, hiccup atau cebukan, bahkan sampai kejang,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Ningz mengimbau agar setiap orang mengenali kondisi tubuhnya saat hendak mengonsumsi buah belimbing agar tidak berlebihan dan berbahaya bagi kesehatan.(M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *