Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Wilayah Indonesia Selasa, 17 September 2024

Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Wilayah Indonesia Selasa, 17 September 2024


Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Wilayah Indonesia Selasa, 17 September 2024
Awan mendung menyelimuti langit Jakarta(MI/RAMDANI)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca untuk Selasa, 17 September 2024. Menurut BMKG sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan deras dan angin kencang.

BMKG menginformasikan bahwa bibit siklon tropis 98W terpantau di Laut Filipina bagian utara membentuk daerah konvergensi di Laut Cina Selatan dan menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 km/jam.

Daerah konvergensi lainnya teramati di Laut Sulawesi, Samudra Pasifik Timur Filipina, serta di perairan utara Aceh dan Kepulauan Riau.

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG di Sejumlah Wilayah Indonesia, Sabtu 14 September 2024

Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan sepanjang daerah konfluensi tersebut.

Kecepatan angin permukaan di Indonesia umumnya didominasi dari arah tenggara ke barat laut dengan kecepatan berkisar antara 16 hingga 48 km/jam.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 16 hingga 35 derajat Celcius dengan kelembaban antara 36 hingga 100%.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Senin, 9 September 2024: Sebagian Wilayah Indonesia Cerah Berawan

BMKG juga memperingatkan potensi tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah, terutama di wilayah Sumatera bagian selatan, sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan beberapa bagian Papua.

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk berhati-hati saat membakar sampah atau lahan dan tidak membuang puntung rokok sembarangan untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan.

Prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia umumnya berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Namun, potensi gelombang tinggi antara 2,5 hingga 4 meter diprakirakan terjadi di Laut Andaman.

Waspadai juga potensi banjir pada 16 hingga 17 September 2024 di pesisir Sumatera Utara, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, dan pesisir Surabaya Barat.

Berikut Prakiraan Cuaca di Kota-kota Besar

  • Sumatera: Cuaca berkabut di Padang, hujan ringan di Pekanbaru dan Tanjung Pinang, hujan sedang di Medan, serta potensi hujan disertai kilat di Banda Aceh. Berawan di Palembang, berawan tebal di Kulu, Lampung, dan Pangkal Pinang, serta hujan ringan di Jambi.
  • Jawa: Berawan hingga berawan tebal di Yogyakarta, Serang, Jakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya.
  • Bali dan Nusa Tenggara: Berawan di Denpasar, berawan tebal di Mataram, dan hujan ringan di Kupang.
  • Kalimantan: Berawan di Palangka Raya dan Banjarmasin, berawan tebal di Pontianak dan Samarinda, serta hujan ringan di Tanjung Selor.
  • Sulawesi: Udara kabur di Palu, berawan di Makassar, dan berawan tebal di Mamuju, Gorontalo, Manado.
  • Papua: Berawan di Ternate, hujan ringan di Ambon, Nabire, Jayapura, dan Jayawijaya, serta potensi petir di Sorong, Manokwari, dan Merauke.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk terus memantau perkembangan cuaca melalui aplikasi Information BMKG yang tersedia di App Retailer dan Play Retailer untuk informasi terkini dan spesifik sesuai wilayah masing-masing. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *