Mencukur Rambut Bayi Bikin Rambutnya Tumbuh Lebih Lebat, Apa Benar?

Mencukur Rambut Bayi Bikin Rambutnya Tumbuh Lebih Lebat, Apa Benar


Mencukur Rambut Bayi Bikin Rambutnya Tumbuh Lebih Lebat, Apa Benar?
Ilustrasi(Dok.Freepik)

CUKUR rambut bayi sering sekali dilakukan karena adanya anggapan dapat membuat rambut bayi tumbuh lebih tebal? Apakah hal tersebut benar?

Baca juga: Kadal Kecil Menggunakan Gelembung untuk Bertahan di Bawah Air dari Predator

Anggapan tersebut ternyata bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara lainnya. Hal itulah yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Arthur Samuel Simon, Sp.KK, melalui Instagram @doktetkulitkucom.

“Jadi ada nih sebuah riset yang dilakukan pada 5 laki-laki dewasa yang sehat. Salah satu kakinya (laki-laki) dicukur plontos seminggu sekali selama beberapa bulan sedangkan kaki yang sebelahnya dibiarkan apa adanya,” ungkap dr Arthur.

“Cara ini sebenarnya pintar sih. Soalnya pertumbuhan rambut kan dipengaruhi banyak hal ya, termasuk nutrisi dan asupan seseorang. Nah kalau perbandingannya kaki kanan dan kaki kiri gini kan, bisa dipastikan bahwa kedua kaki tersebut mendapatkan asupan yang sama,” lanjutnya.

Ternyata hasil dari penelitian tersebut mengejutkan. Dr Arthur mengatakan bahwa hasil penelitian tersebut mengungkapkan ternyata bagian yang sering dicukur justru mengurangi kecepatan pertumbuhan rambut.

“Jadi, tidak perlu terlalu repot untuk mencukur kepala debay. Bisa dicukur kalau mau, tidak perlu dicukur juga,” pungkas dr Arthur. (M-4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *