Raih Kursi DPRD Terbanyak, NasDem Patahkan Dominasi Golkar di Sulsel

Raih Kursi DPRD Terbanyak, NasDem Patahkan Dominasi Golkar di Sulsel


Raih Kursi DPRD Terbanyak, NasDem Patahkan Dominasi Golkar di Sulsel
Ketua DPRD sementara Sulawesi Selatan Andi Rahmatika Dewi.(MI/Lina Herlina)

SEBANYAK 84 dari 85 anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan terpilih periode 2024-2029, Selasa (24/9) dilantik di Ruang Paripurna DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharo, Makassar. Acara pelantikan dihadiri unsur Discussion board Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel dan perwakilan partai politik.

Satu anggota DPRD Sulsel terpilih Hamsyah Ahmad dari PPP tidak ikut dilantik. Lantaran mantan Ketua DPRD Kabupaten Banteng itu tersandung kasus tindak pidana korupsi, sehingga harus menunggu kekuatan hukum tetap (inkrah).

Pada rapat paripurna pengucapan sumpah jabatan anggota DPRD periode 2024-2029, legislator Partai NasDem yang juga Ketua DPC Partai NasDem Kota Makassar, Andi Rachmatika Dewi alias Cicu, menjadi Ketua DPRD Sulsel sementara dan memimpin jalannya sidang paripiurna perdana

Baca juga: NasDem Sulsel Kuasai 24 Daerah Dapat Apresiasi Surya Paloh

Periode kali ini, Partai NasDem mematahkan dominasi Partai Golkar yang selama ini selalu menjadi jawara di Sulsel. Partai NasDem meraih kursi terbanyak general 17 kursi yang disusul Partai Golkar 14 kursi. Partai Gerindra meraih 13 kursi, serta PPP dan PKB masing-masing 8 kursi.

Lalu PKS dan Demokrat masing-masing 7 kursi, PDI Perjuangan 6 kursi, dan PAN 4 kursi, serta Hanura 1 kursi.

Seketaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai NasDem Hermawi Taslim pun datang dan menghadiri pengukuhan dan pelantikan anggota DPRD Sulsel, periode 2024-2029.

Baca juga: NasDem dan Dua Partai Klaim Menang Pilkada di Tujuh Daerah Sulsel

Selain itu, hadir juga calon Wakil Gubernur Sulsel yang juga anggota Dewan Pertimbangan DPP NasDem, Fatmawati Rusdi, serta Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse, dan jajaran pengurus.

Fatmawati berharap dengan pelantikan Cicu sebagai Ketua DPRD Sulsel sementara periode 2024-2029 akan mengawal kepentingan masyarakat untuk pembangunan Sulsel, lebih maju ke depannya, terlebih di tangan seorang perempuan.

“Selamat kakak Andalan Hati, Andi Rahmatika Dewi, atas pelantikanya. Harapan saya, Kakak Cicu akan mengawal pembangunan lebih maju. Apalagi pengaman sebagai anggota DPRD Sulsel tiga periode dan pernah sebagai wakil Ketua DPRD Sulsel. Jadi, punya pengalaman mumpuni mengawal pembangunan lewat kursi pimpinan DPRD,” seru Fatmawati.

Cicu pun mendapat kejutan dari ratusan arak-arakan motor dari kader dan pengurus DPD NasDem Kota Makassar mengiringinya ke Gedung DPRD Sulsel, dan diiringi musik tanjidor.

“Semua ini tentu bentuk efuoria dan kegembiraan kader NasDem mengawal langkah amanah baru Ketua DPRD Sulsel, sebagai tokoh perempuan Sulsel yang cerdas muda dan cantik,” tandas Fatmawati. (LN/J-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *