Berhasil Tanam untuk Kali Ketiga, Bantuan Irpom dan Benih Dorong Semangat Petani Hadapi Cuaca Ekstrem

Berhasil Tanam untuk Kali Ketiga, Bantuan Irpom dan Benih Dorong Semangat Petani Hadapi Cuaca Ekstrem


Berhasil Tanam untuk Kali Ketiga, Bantuan Irpom dan Benih Dorong Semangat Petani Hadapi Cuaca Ekstrem
Pejabat Kementan bersama petani di Lebak, Banten menanam padi.(MI/HO)

KEMENTERIAN PERTANIAN (Kementan) terus mengakselerasikan berbagai upaya demi mencapai kedaulatan pangan, salah satunya dengan mendorong peningkatan indeks pertanaman (IP) dan mencegah terjadinya kekeringan melalui program pompanisasi, irigasi perpompaan (irpom), cetak sawah, maupun program pertanian lainnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, sebelumnya, pernah mengatakan dunia sedang menghadapi krisis pangan dan kelaparan akibat El Nino yang menyebabkan kekeringan sehingga perlu tindakan-tindakan cepat agar Indonesia tetap berdaulat pangan di tengah krisis yang melanda.

Strategi Mentan membuahkan hasil positif. Kabar baik datang kembali, kali ini, dari Kelompok Tani (Poktan) asal Lebak Banten.

Baca juga: Kekeringan Menghasilkan Panen Lagi: Petani Menyambut dengan Sukacita dan Bangga Menjaga Tradisi Kearifan Lokal

Hadir langsung, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto, melakukan tanam bersama petaniSelasa (24/9).

“Kementerian Pertanian, saat ini, bersama dengan Poktan Binamukti melakukan tanam padi bersama di Desa Gunung Anten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak untuk yang ketiga kali dalam tahun ini. Kita mendorong dan mendampingi petani dalam upaya-upaya untuk meningkatkan produksi maupun produktifitas petani dalam upaya menjaga ketahanan pangan,” ujar Heru.

Hadir dalam kegiatan tanam padi tersebut Tenaga Ahli Menteri Bidang Pemanfaatan Sumber Daya Lahan Marginal Anny Mulyani, Kepala BPSIP Banten Ismatul Hidayah, beserta Pemerintah Kabuapten Lebak, Perangkat Desa, dan Poktan Kecamatan Cimarga.

Baca juga: Aren Kaya Manfaat dan Tingkatkan Perekonomian Petani

Ketua Kelompok Tani Binamukti, Runasa, yang memiliki luasan lahan poktan sebesar 38 hektare menyatakan ungkapan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas bantuan Irigasi Perpompaan (Irpom) dan bantuan benih padi biosalin sehingga di musim kemarau pun tetap dapat menanam karena sumber air tercukupi berkat bantuan pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Gunung Anten, Suparman, turut mengajak petani untuk memaksimalkan bantuan yang diberikan pemerintah.

“Kami mengimbau semua petani yang ada di Desa Gunung Anten ini untuk memanfaatkan musim tanam ini dan Alhamdulilah beberapa waktu yang lalu kita sudah panen dan saat ini kita olah lahan dan tanam bersama,” ujarnya.

Suparman juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian atas pendampingan dan bantuan dari pemerintah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Kementan, karena tanpa bantuan dan dukungan Kementan dan pemerintah kita tidak bisa jalan dengan baik seperti saat ini,” ungkapnya. (RO/Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *