Walhi Tuntut Cagub dan Cawagub Kalsel Komitmen Hentikan Tambang dan Sawit

Walhi Tuntut Cagub dan Cawagub Kalsel Komitmen Hentikan Tambang dan Sawit


Walhi Tuntut Cagub dan Cawagub Kalsel Komitmen Hentikan Tambang dan Sawit
Foto udara tambang batu bara di Kalimantan Timur.(Antara)

ORGANISASI lingkungan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menuntut para pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada serentak 2024 di Kalimantan Selatan miliki visi dan komitmen untuk memperbaiki lingkungan.

“Sudah saatnya Kalsel menghentikan eksploitasi SDA (tambang) batu bara secara membabi buta dan ekspansi industri ekstraktif perkebunan kelapa sawit yang mengancam kelestarian lingkungan. Saatnya beralih pada pembangunan ramah lingkungan,” tegas Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Yulianto, Rabu (25/9).

Hal ini ditegaskan Kisworo berkaitan dengan peringatan Hari Tani Nasional. “Kepala daerah harus punya komitmen untuk melindungi lahan
pertanian produktif dari ekspansi tambang dan perkebunan kelapa sawit. Forestall izin baru dan lalukan audit  lingkungan bagi korporasi tambang dan sawit,” sambung Kisworo.

Baca juga: Indonesia – Inggris Lakukan Kerjasama Pertukaran Teknologi Mineral

Lebih jauh ia mengatakan, jika para paslon kepala daerah pilkada punya visi dan komitmen terhadap lingkungan dan mengedepankan pembangunan berbasis pertanian, kerusakan lingkungan dan ancaman perubahan iklim akan dapat diminimalisir.

“Tambang terbukti tidak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya, justru menciptakan kemiskinan dan konflik tenurial,” paparnya.

Seperti diketahui, Pilgub Kalsel 2024 diikuti dua pasangan yakni Muhidin-Hasnuryadi Sulaiman dan Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie
Himawan Nugraha. Muhidin adalah wakil gubernur Kalsel periode 2019-2024.

Pasangan Muhidin-Hasnuryadi Sulaiman (MH) yang mengusung lima partai yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS),
Partai Demokrat (PD), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mendapatkan nomor urut 1.

Sedangkan pasangan Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie Himawan Nugraha (Acil Odah-Zanie) juga diusung lima partai yakni Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Acil Odah adalah istri Gubernur Kalsel dua periode 2014-2024 Sahbirin Noor. (DY/J-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *