Prakiraan Cuaca Jumat 27 September 2024, Waspadai Hujan Intensitas Beragam di 33 Kota Indonesia

Prakiraan Cuaca Jumat 27 September 2024, Waspadai Hujan Intensitas Beragam di 33 Kota Indonesia


Prakiraan Cuaca Jumat 27 September 2024, Waspadai Hujan Intensitas Beragam di 33 Kota Indonesia
Prakiraan cuaca BMKG Kamis 26 September 2024(Dok. BMKG)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) diterbitkan prakiraan cuaca untuk Jumat, 27 September 2024.

Sebanyak 33 wilayah di Indonesia diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas yang bervariasi, mulai dari ringan hingga lebat, bahkan disertai petir.

Kota-kota yang terpengaruh meliputi berbagai daerah, dari Sumatera hingga bagian timur Indonesia. Di Pulau Sumatera, kota Banda Aceh, Pekanbaru, dan Tanjung Pinang diprediksi akan mengalami hujan ringan. Sementara itu, kota Medan dan Padang akan merasakan hujan dengan intensitas sedang.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari ini, Kamis 26 September 2024: 8 Wilayah Jawa Barat Waspada Hujan Lebat

Di sisi lain, Lampung akan berada dalam kondisi berudara kabur, sementara kota Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Palembang berpotensi mengalami hujan ringan. Di kota Jambi, waspadai kemungkinan hujan disertai petir.

Beralih ke Pulau Jawa, kota Jakarta, Semarang, dan Surabaya diperkirakan akan berawan tebal. Di Bandung, Serang, dan Yogyakarta, hujan ringan diharapkan akan mengguyur wilayah tersebut.

Di Bali dan Nusa Tenggara, kota Denpasar dan Mataram diprediksi mengalami hujan ringan, sementara Kupang akan cerah berawan.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jakarta dan Kepulauan Seribu, Rabu 25 September 2024

Kalimantan juga tidak luput dari hujan ringan, dengan kota Tanjung Selor, Pontianak, Samarinda, dan Palangkaraya akan merasakannya. Di Banjarmasin, diingatkan untuk waspada terhadap hujan yang disertai petir.

Di Pulau Sulawesi, kota Palu, Kendari, dan Makasar diperkirakan akan mengalami hujan ringan. Sementara itu, Gorontalo dan Mamuju diprediksi akan merasakan hujan dengan intensitas sedang. Kota Manado juga perlu bersiap-siap menghadapi hujan disertai petir.

Berlanjut ke Indonesia bagian Timur, kota Ternate, Ambon, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya diprediksi akan mengalami hujan ringan. Di Sorong, Nabire, dan Merauke, waspadai hujan yang disertai petir.

BMKG juga mencatat bahwa angin di seluruh Indonesia akan didominasi dari arah Timur dengan kecepatan berkisar antara 5 hingga 30 kilometer in line with jam. Suhu udara di berbagai wilayah diperkirakan akan berada dalam rentang 16 hingga 35 derajat Celsius, dengan kelembaban udara bervariasi antara 46 hingga 100 persen.

Terakhir, BMKG memperingatkan tentang tinggi gelombang laut yang berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Masyarakat di pesisir Jawa Tengah dan Jawa Timur diimbau untuk waspada terhadap potensi banjir ROB. (Z-10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *