Sejumlah Atlet Positif Covid-19, Ini Alasan Olimpiade Paris 2024 belum Terapkan Prokes

Sejumlah Atlet Positif Covid-19, Ini Alasan Olimpiade Paris 2024 belum Terapkan Prokes


Sejumlah Atlet Positif Covid-19, Ini Alasan Olimpiade Paris 2024 belum Terapkan Prokes
Emblem Olimpiade Paris 2024(AFP/Christophe SIMON )

OLIMPIADE Paris 2024 terancam wabah COVID-19 setelah beberapa atlet dinyatakan positif mengidap virus tersebut. Setidaknya ada beberapa atlet yang berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 terjangkit virus korona.

Terbaru, perenang Inggris Adam Peaty dinyatakan positif setelah lima atlet polo air Australia juga mengeluhkan gejala yang sama.

Peaty dinyatakan positif covid-19 pada 29 Juli, kurang dari 24 jam setelah memenangkan medali perak di nomor gaya dada 100 meter putra.

Baca juga: KOI Ingatkan Atlet Indonesia Waspadai Covid-19 di Olimpiade Paris 2024

“Adam mulai merasa tidak enak badan pada Sabtu, sebelum finalnya. Beberapa jam setelah ultimate, gejalanya memburuk dan dia diuji untuk covid-19 pada Senin pagi. Dia dinyatakan positif pada saat itu,” kata juru bicara Asosiasi Olimpiade Inggris (BOA).

Protokol kesehatan tidak diberlakukan

Meski begitu, penyelenggara Olimpiade Paris 2024 belum memberlakukan protokol kesehatan meski ada sejumlah atlet yang dinyatakan positif covid-19.

Mereka beralasan, sebanyak enam kasus covid-19 yang dikonfirmasi di Olimpiade Paris 2024 dianggap tidak memenuhi ambang batas untuk dianggap sebagai wabah.

Baca juga: Tersingkir dari Olimpiade Paris 2024, Ginting Mengaku Kesal dan Kecewa

Berdasarkan pedoman yang ada, covid-19 baru dianggap sebagai ancaman jika jumlah atlet yang tertular mencapai 5% dari overall seluruh atlet dalam periode tujuh hari.

“Untuk saat ini, tidak ada yang resmi yang diterapkan oleh panitia penyelenggara,” kata Andre-Pierre Goubert, direktur Pusat Olahraga Olimpiade dan Prestasi Tinggi di Komite Olimpiade dan Olahraga Nasional Prancis (CNOSF).

“Kami telah merekomendasikan agar delegasi menggunakan tim medis mereka sendiri untuk menguji atlet mereka sebelum sampai di Perkampungan Atlet,” terangnya.

Baca juga: Berhasil Melaju ke 16 Besar Olimpiade Paris 2024, Gregoria tidak Mau Lengah

Pemerintah Prancis terus memantau situasi penyebaran Covid-19

Menteri Kesehatan Prancis Frederic Valletoux berujar akan terus memantau penyebaran covid-19 selama berlangsungnya Olimpiade Paris 2024.

Ia mengungkapkan covid-19 di Prancis tak melonjak meski ada kenaikan jumlah wisatawan disebabkan berlangsungnya Olimpiade Paris 2024.

“Covid-19 masih berada pada tingkat yang rendah tetapi kita tidak berada dalam periode dimana virus ini meningkat atau kembali dengan kuat,” kata Valletoux. (Z-1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *