Ragam Pandang Pesta Rakyat

Ragam Pandang Pesta Rakyat


Ragam Pandang Pesta Rakyat
JUARA 1 Vendi Rizki Kesworo | @kswr58 “PANJAT PINANG DI GUNUNG PRAU”(Dok. Vendi Rizki Kesworo)

KOMUNITAS fotografi Media Indonesia, Dari Balik Lensa (DBL), telah memilih pemenang dari lomba foto yang diselenggarakan dengan tema Pesta rakyat. Sejumlah 1.061 karya foto yang terkumpul pada kegiatan itu dikerucutkan menjadi 106 untuk kemudian diseleksi, dan dipilih 6 karya terbaik untuk menjadi juara 1, 2, dan 3, serta 3 juara harapan.

Salah satu dewan juri yang juga merupakan fotografer senior Media IndonesiaRamdani, mengungkap pihaknya tidak sekadar memilih foto berkualitas bagus. Banyak aspek lain yang harus dipenuhi, salah satunya terkait dengan nilai edukasi, apakah foto tersebut bisa menjadi referensi bagi orang lain.

Dia Pesta rakyat memiliki benang merah dengan aktivitas perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Karya foto yang terkumpul pun sebagian besar menampilkan aktivitas masyarakat dalam perayaan tersebut, seperti perlombaan panjat pinang, perlombaan makan kerupuk, hingga pelaksanaan upacara bendera. Perayaan bisa dilakukan dan dirasakan oleh siapa pun. Tentu dengan tema ini banyak foto yang memiliki kemiripan.

“Contohnya lomba makan kerupuk sama lomba mengambil koin itu kan sebenarnya setipe menggunakan mulut, nah dari dua itu kami harus cari mana yang terbaik, dengan melihat mana yang paling ekspresif, yang paling menarik secara komposisi, secara pencahayaan, sampai yang terlihat paling riil yang mana,” kata Ramdani saat proses penjurian yang dilakukan di Kantor Media IndonesiaSelasa (17/9) pekan lalu.

Berikut, kami tampilkan para pemenang dari lomba foto yang diselenggarakan oleh komunitas DBL. Selamat untuk para pemenang, dan jangan berkecil hati bagi yang belum mendapat peringkat. (M-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *