Pemkab Bandung Ingatkan Potensi Gempa Bumi Susulan

Pemkab Bandung Ingatkan Potensi Gempa Bumi Susulan


Pemkab Bandung Ingatkan Potensi Gempa Bumi Susulan
Ilustrasi(MI)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Jawa Barat (Jabar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengingatkan warga akan potensi gempa susulan. BPBD mengimbau warga yang kembali ke rumah untuk berhati-hati serta memastikan struktur bangunan yang ditempati aman.

“Imbauan ini kami sampaikan karena berdasarkan informasi yang di dapat dari BMKG, pada Sabtu (28/9), terjadi gempa bumi susulan 39 kali,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama di Posko Utama Tanggap Darurat Gempa Bumi Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (28/9).

Menurut Uka, menindaklanjuti informasi dari BMKG, pihaknya mengungkapkan bahwa gempa bumi susulan sudah meluruh. Namun kewaspadaan harus tetap dijaga sebagai bentuk antisipasi.

Baca juga: Gempa Bandung Rusak Rumah di Pangalengan dan Kertasari

“Masyarakat yang ingin kembali ke rumah silakan, tapi diperiksa kerusakan bangunannya. Masyarakat juga jangan termakan isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkap Uka.

Pascagempa, kesehatan warga yang bertahan di tenda pengungsian juga harus menjadi perhatian. Pemerintah telah menyiagakan posko pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang terdampak gempa bumi.

Pemerintah menediakan 215 lokasi tenda pengungsian warga yang terdampak gempa Bandungyaitu 104 tenda di Desa Cibeureum, 29 tenda di Desa Tarumajaya, 53 tenda. Desa Cikembang, 24 tenda Desa Cihawuk, 3 tenda Desa Sukapura, dan 1 tenda Desa Santosa.

Berdasarkan hasil pendataan sementara, sebanyak 44 rumah rusak berat, 225 rusak sedang, 594 rusak ringan, dan 3.156 rusak sangat ringan,” tandasnya. (Z-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *