Pintar Kelola Keuangan untuk Tabungan di Hari Tua

Pintar Kelola Keuangan untuk Tabungan di Hari Tua


Pintar Kelola Keuangan untuk Tabungan di Hari Tua
Konsuemen melakukan pembayaran dengan uang virtual.(Antara/Novrian Arbi)

MENGELOLA keuangan yang baik akan menjamin masa depan Anda. Karena itu literasi keuangan perlu dilakukan agar menambah wawasan dalam mengatur strategi persiapan hari tua nanti.

Palagi, saat ini kemudahan dalam mengelola keuangan dibantu dengan perkembangan teknologi seperti adanya perbankan digital. Penggunaan teknologi harus diimbangi juga dengan keputusan finansial yang tepat.

Leader Advertising and marketing Officer (CMO) Maucash, Indra Suryawan menegaskan adanya financial institution virtual dapat membantu pebisnis mengembangkan usaha mereka.

Baca juga: Audit Eksternal, SMK-PP Kementan Raih Sertifikat SMAP SNI ISO 37001:2016

“Hal itu sejalan dengan upaya kami untuk meningkatkan inklusi keuangan agar dapat mencapai tujuan keuangan mereka dengan lebih cepat, tepat namun tetap aman,” katanya dalam kegiatan ‘Cerdas Kelola Keuangan: Way of life dan Bisnis dengan Aplikasi Virtual’.

Ia mencatat hingga 12 Juli 2024, jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang berizin dan diawasi OJK adalah sebanyak 98 perusahaan, salah satunya Maucash. Sementara yang ilegal cukup banyak juga.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat selalu berhati-hati dalam menggunakan fintech ilegal, salah satunya dengan memahami ciri-cirinya dan tidak tergiur dengan janji manis. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, masyarakat dapat terhindar dari jerat utang dan praktik-praktik yang merugikan.

Baca juga: Nilai Transaksi Digital Meningkat, Penggunaan Kartu Menurun

Sementara itu Leader Virtual Trade Officer Financial institution Saqu Angela Lew Dermawan menjelaskan pihaknya menyadari fenomena dissaving, dimana masyarakat Indonesia yang kesulitan untuk menabung, namun mereka tetap mengeluarkan uang.

“Kami mengajak masyarakat untuk mengembalikan kebiasaan menabung menjadi lebih menyenangkan lewat fitur menabung otomatis,” katanya.

Dengan mengalokasikan sebagian penghasilan untuk tabungan memiliki berbagai manfaat sehingga dapat mengatur keuangan dengan lebih bijak, melatih disiplin dan hemat, serta membangun dana darurat untuk mengatasi kebutuhan tak terduga. (P-5)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *