T Coronae Borealis: Fenomena Langka Ledakan Bintang yang Menghiasi Langit Malam

T Coronae Borealis Fenomena Langka Ledakan Bintang yang Menghiasi Langit Malam


T Coronae Borealis: Fenomena Langka Ledakan Bintang yang Menghiasi Langit Malam
Para astronom bersiap-siap menyaksikan ledakan nova dari T Coronae Borealis, sebuah bintang mati yang diprediksi akan meledak setelah 80 tahun. (NASA)

PARA pengamat bintang dan astronom seluruh dunia terus menatap ke arah konstelasi Corona Borealis yang berjarak 3.000 tahun cahaya dari Bumi. Di mana sebuah bintang yang telah lama mati diperkirakan akan muncul kembali dalam sebuah ledakan yang sangat dahsyat sehingga untuk sesaat akan menyaingi kecemerlangan Polaris, Bintang Utara.

Bintang sekarat ini terakhir kali berkobar hampir 80 tahun yang lalu dan tidak akan berkobar lagi selama 80 tahun berikutnya, menjadikannya pengalaman yang hampir terjadi sekali seumur hidup.

Saat ini, sisa bintang tersebut, yaitu katai putih yang disebut T Coronae Borealis yang tengah menyerap materi dari bintang raksasa merah di dekatnya, telah menunjukkan penurunan kecerahan yang menjadi tanda-tanda jelas, seperti yang terjadi sebelum letusannya tahun 1946.

Baca juga: Penemuan Tujuh Galaksi Jauh dalam Konfigurasi Unik: Carousel Lens dan Misteri Kosmologi

Para astronom tidak yakin apa yang menyebabkan penurunan tersebut, namun mereka mengatakan hanya masalah waktu sebelum katai putih memuaskan rasa laparnya dan meledak menjadi bintang. baru yang spektakuler.

“Kami tahu itu akan meledak — sangat jelas,” kata Edward Sion, seorang profesor astronomi dan astrofisika di Universitas Villanova di Pennsylvania, kepada House.com.

Peristiwa yang luar biasa ini bukan hanya suguhan bagi para pengamat langit. Para astronom telah menyiapkan waktu berharga dengan berbagai teleskop berbasis darat dan antariksa untuk mencatat setiap element guna mempelajari lebih lanjut tentang nova, yang dinamikanya masih samar karena hanya sedikit letusan yang tercatat selama beberapa dekade.

Baca juga: Astronom Katalog Ledakan Sinar Gamma Terbesar Membuka Rahasia Kosmik

T Coronae Borealis, atau disingkat T Cor Bor, termasuk dalam klub elite sepuluh nova berulang yang dikenal di seluruh Bima Sakti, galaksi tempat kita tinggal, memberikan para astronom kesempatan langka untuk mempelajari lebih dekat sisa bintang yang memakan materi hingga akhirnya runtuh dan memantul dalam ledakan hebat.

Wawasan dari peristiwa ini nantinya akan memperkaya fashion tentang bagaimana bintang bekerja, kata para astronom.

T Cor Bor dipantau oleh teleskop ruang angkasa gamma-ray Fermi NASA setiap hari — dan, sebagian besar waktu, setiap beberapa jam. Begitu nova meletus, sinar gamma akan melonjak bersamaan dengan lonjakan kecerahan nova, memungkinkan para astronom untuk menguraikan seberapa panas materi yang terjadi segera setelah letusan, dan seberapa cepat materi itu terhembus dari katai putih.

Baca juga: 23 September 2024, 178 Tahun Planet Neptunus Ditemukan

Para astronom juga sangat ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana gelombang kejut akan melesat melalui ruang angkasa sesaat setelah ledakan, yang detailnya masih belum terlalu dipahami.

“Biasanya, apa yang terjadi pada bintang katai putih ini berlangsung sangat lama sehingga kita tidak pernah melihatnya lagi,” kata Elizabeth Hays, ilmuwan proyek teleskop Fermi, kepada House.com.

Kebiasaan T Cor Bor yang meletus dalam rentang hidup manusia membuatnya menjadi studi kasus yang unik, terlebih lagi karena tidak ada teleskop sinar-X atau sinar gamma di ruang angkasa 80 tahun yang lalu — terakhir kali nova meletus.

Baca juga: Astronom Menemukan Semburan Jet Kembar Terbesar dari Lubang Hitam

“Saya sangat bersemangat melihat seperti apa bentuknya — ada banyak hal pertama di sini,” kata Hays.

Selain teleskop Fermi, Teleskop Luar Angkasa James Webb, teleskop Swift, dan teleskop antariksa INTEGRAL, serta teleskop berbasis darat Very Massive Array di New Mexico akan dialihkan dari jadwal pengamatan biasanya untuk mengamati peristiwa ini pada puncaknya dan hingga memudar ke dalam kehampaan ruang angkasa. Bersama-sama, mereka akan menangkap nova dalam berbagai panjang gelombang untuk pertama kalinya. “Ada banyak kerja sama saat sesuatu yang menarik terjadi,” kata Hays.

Peristiwa ini hanya akan terlihat dengan mata telanjang selama beberapa hari pertama, untuk teleskop sinar gamma dan sinar-X selama beberapa bulan, dan untuk teleskop radio selama bertahun-tahun. Pengamatan jangka panjang dari dampak ledakan ini dapat mengungkap bagaimana letusan menyebar seiring waktu dan berinteraksi dengan bintang raksasa merah pendampingnya.

Para astronom juga akan mengamati dengan seksama bagaimana letusan ini memudar; setiap “gundukan” di sepanjang jalan akan mengungkap petunjuk menarik tentang bagaimana nova berinteraksi dengan angin bintang pendampingnya, kata Hays.

Dan meskipun ledakan ini sangat dahsyat, “jaraknya cukup jauh sehingga tidak akan memengaruhi kita,” kata Sion. (House/Z-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *