Ingin Coba Panjat Tebing dan Bouldering? Ini Pentingnya Latihan Kekuatan Jari serta Genggaman

Ingin Coba Panjat Tebing dan Bouldering Ini Pentingnya Latihan Kekuatan Jari serta Genggaman


Ingin Coba Panjat Tebing dan Bouldering? Ini Pentingnya Latihan Kekuatan Jari serta Genggaman
Pelatih di fitness center panjat tebing.(Indriyani)

PENDAKIAN merupakan salah satu olahraga yang populer diperbincangkan di Kejuraan Olimpiade Paris 2024. Panjat tebing dan bouldering membutuhkan kekuatan fisik dan teknik. Namun, para pemanjat profesional menekankan pentingnya mengembangkan kekuatan untuk genggaman dan jari untuk menaklukan pegangan yang sulit.

Apakah Anda pendatang baru dalam bouldering atau atlet tingkat lanjut yang ingin meningkatkan kekuatan genggaman di atas rata-rata untuk pemanjat tebing? dikutip dari TRX Coaching berikut hal- hal yang perlu diketahui mengenai latihan genggaman panjat tebing dan cara meningkatkan kekuatan jari untuk panjat tebing.

Mengapa Kekuatan Genggaman Penting untuk Panjat Tebing?

Jika Anda bertekad untuk menjadi pemanjat yang lebih baik, memprioritaskan kekuatan lengan bawah dan genggaman sangatlah penting. Atribut ini penting untuk mengatasi pendakian yang menantang dan panjang dengan percaya diri dan efisien.

Baca juga: Atlet Panjat Tebing Indonesia Veddriq Lolos ke Perempat Final Olimpiade Paris

Meskipun tidak ada yang sebanding dengan latihan panjat tebing yang sebenarnya, menggabungkan berbagai latihan ke dalam program latihan Anda dapat meningkatkan kekuatan lengan bawah dan cengkeraman Anda secara signifikan. Latihan mobilitas, latihan ketahanan, dan latihan kekuatan umum semuanya berperan.

Para pemanjat dapat melengkapi rutinitas mereka dengan peralatan seperti beban bebas, papan gantung, palang penarik, dan panjat tali untuk meningkatkan stamina dan kinerja panjat tebing mereka secara keseluruhan.

Mengembangkan kekuatan genggaman yang baik dalam panjat tebing memungkinkan Anda bertahan dalam tantangan pegangan yang sempit untuk waktu yang lama. Selain itu, genggaman yang kuat memungkinkan Anda menemukan saat-saat istirahat dan pemulihan pada pegangan ini, menjaga stamina Anda selama sisa pendakian.

Baca juga: Sore ini, Dua Atlet Panjat Tebing Putra Indonesia mulai Beraksi di Olimpiade Paris

Berapa Kekuatan Genggaman Rata-rata untuk Pemanjat Tebing?

Kekuatan genggaman berfungsi sebagai ukuran kekuatan dan kesehatan otot-otot di tangan dan lengan bawah. Biasanya, kekuatan genggaman dinilai menggunakan Jamar Analogue Hand Dynamometer (atau dinamometer), yang melibatkan penekanan perangkat tiga kali di masing-masing tangan.

Rata-rata, pria menunjukkan kekuatan genggaman sekitar 72,6 lb/32,9 kg, sementara wanita memiliki kekuatan genggaman rata-rata sekitar 44 lb/20 kg. Namun, sebuah studi tahun 2020 yang berfokus pada pendaki rekreasi mengungkapkan bahwa mereka cenderung memiliki tingkat kekuatan genggaman yang jauh lebih tinggi.

Studi tersebut melaporkan kekuatan genggaman rata-rata sebesar 125,4 lb/56,90 kg untuk pria dan 73 lb/33,15 kg untuk wanita di antara para pendaki tebing.

Baca juga: Desak Made dan Rajiah Sallsabillah Optimistis Melaju ke Semifinal Olimpiade Paris 2024

Jika Anda ingin meningkatkan kekuatan genggaman khususnya untuk panjat tebing, penelitian yang sama menekankan pentingnya latihan kekuatan genggaman dan kekuatan jari secara bertahap untuk kedua tangan. Dengan menggabungkan latihan dan teknik latihan yang terarah, Anda dapat berupaya meningkatkan kekuatan genggaman dan pada akhirnya meningkatkan kemampuan panjat tebing Anda.

Kekuatan Genggaman Vs. Kekuatan Jari

Kekuatan genggaman adalah ukuran kekuatan atau ketegangan maksimum yang dihasilkan oleh otot lengan bawah Anda. Kekuatan genggaman mengukur cengkeraman seluruh tangan Anda. Kekuatan genggaman dan jari diperlukan untuk panjat tebing dan bouldering, meskipun untuk alasan yang berbeda.

Kekuatan jari saat panjat tebing, meskipun memang merupakan keterampilan yang dilatih oleh pemanjat elit, merupakan istilah yang salah kaprah karena tidak ada otot di jari-jari Anda. Jari-jari Anda bergerak karena tarikan otot lengan bawah pada tendon di jari-jari Anda. Namun, kekuatan jari memang berkorelasi dengan kekuatan genggaman Anda, jadi memperkuat jari-jari Anda untuk memanjat dapat membantu. Kekuatan jari adalah kekuatan jepitan yang diberikan antara ibu jari dan jari telunjuk, jari tengah, atau jari manis, atau kombinasi dari ketiga jari tersebut.

Baca juga: 3 Faktor Penentu Panjat Tebing Raih Emas Olimpiade 2024

Kekuatan genggaman lebih penting daripada kekuatan jari pada tingkatan panjat tebing pemula. Seiring kemajuan Anda dalam panjat tebing, Anda akan melihat bahwa genggaman dan kekuatan jari Anda akan meningkat seiring waktu. Namun, memiliki kekuatan jari panjat tebing yang kuat sangat penting pada pegangan yang lebih kecil dan sempit. (H-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *