KPU Diminta Segera Tindaklanjuti Petugas Pantarlih Terafiliasi Parpol

KPU Diminta Segera Tindaklanjuti Petugas Pantarlih Terafiliasi Parpol


KPU Diminta Segera Tindaklanjuti Petugas Pantarlih Terafiliasi Parpol
Empat petugas pemutakhiran knowledge pemilih (Pantarlih) berjalanan menuju rumah warga untuk melakukan verifikasi knowledge(Antara)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) diminta untuk responsif atau cepat tanggap dalam menyikapi temuan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) soal ribuan petugas pemutakhiran knowledge pemilih (pantarlih) yang masih terlibat dalam partai politik.

Pakar kepemiluan Titi Anggraini menyampaikan seharusnya KPU bisa langsung menjemput bola terkait temuan tersebut. Jangan bergerak setelah Bawaslu secara resmi melaporkan temuan tersebut ke KPU.

“KPU perlu mengambil inisiatif untuk jemput bola meminta knowledge temuan Bawaslu sebagai bentuk komitmen yang kuat untuk mewujudkan knowledge pemilih yang komprehensif dan berintegritas,” pesan Titi saat dihubungi, Sabtu (27/7).

Baca juga: Bawaslu Temukan Ribuan Petugas Pantarlih Terafiliasi Parpol, Ini Respons KPU

Apa pun temuan yang mengemuka di publik terkait akurasi dan validitas knowledge pemilih mestinya disikapi dengan sigap, responsif dan profesional oleh KPU.

Hal itu penting dilakukan agar kualitas dan kredibilitas knowledge pemilih makin terjaga dan cast sehingga tak membuka celah bagi terjadinya penyimpangan atau manipulasi dalam pelaksanaan pilkada mendatang.

“Tidak perlu mengedepankan ego kelembagaan sebab yang dibutuhkan adalah itikad baik dan orientasi yang berfokus pada kerja-kerja penyelenggaraan tahapan pilkada yang profesional, jurdil, dan demokratis,” tegas Titi.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Lolly Suhenty mengungkapkan temuan terkait ribuan petugas pantarlih yang terafiliasi parpol itu sudah disarankan kepada KPU, meskipun belum disampaikan secara resmi.

“Rilis itu merangkum semua peristiwa hasil pengawasan Bawaslu di daerah. Seketika itu telah diberikan saran perbaikan, sehingga KPU melalukan penggantian yang bermasalah,” ujarnya kepada Media Indonesia. (Z-8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *