Prakiraan Cuaca Minggu, 11 Agustus 2024: Sejumlah Wilayah di Indonesia akan Turun Hujan

Prakiraan Cuaca Minggu, 11 Agustus 2024 Sejumlah Wilayah di Indonesia akan Turun Hujan


Prakiraan Cuaca Minggu, 11 Agustus 2024: Sejumlah Wilayah di Indonesia akan Turun Hujan
Pekerja menggunakan payung menghiindari guyuran hujan di kawasan Sudirman, Jakarta(MI/RAMDANI)

BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca yang akan terjadi pada, Minggu 11 Agustus 2024. Menurut keterangan sebagian daerah di Indonesia akan diguyur hujan.

Perkiraan cuaca di wilayah pulau Sumatera, mulai dari wilayah Banda Aceh dan Pangkal Pinang diprediksi akan berawan, Kota Jambi akan berawan tebal.

Berbeda dengan wilayah Pekanbaru, Tanjung pinang, dan lampung diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan. Wilayah Bengkulu akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Sedangkan kota Palembang akan mengalami  udara kabur dan waspada akan turun hujan disertai petir pada kota Medan dan Padang.

Baca juga: KTT ASEAN Digelar Besok, Menlu RI: Bahas Krisis Myanmar

Pada daerah Jawa, Cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi pada wilayah Semarang dan Surabaya, berbeda dengan kota Serang dan Yogyakarta yang diprediksi akan berawan. Sedangkan cuaca berawan tebal terjadi pada Jakarta dan Bandung.

Selanjutnya perkiraan cuaca pada daerah Pulau Bali serta Nusa Tenggara, kota Kupang dan kota Denpasar diperkirakan cuaca cerah Berawan sementara kota Mataram umumnya cuaca berawan.

Menyebrang ke pulau Kalimantan, Melihat wilayah Banjarmasin yang diperkirakan akan berawan, wilayah Palangkaraya dan Samarinda terpantau akan diguyur hujan dengan intensitas ringan, berbeda dengan kota Pontianak yang akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Dihimbau untuk waspada bagi masyarakat Tanjung Selor karena akan adanya hujan disertai petir.

Baca juga: Tim DKI Dominasi Seleksi Timnas Kickboxing SEA Games 2021

Beralih ke pulau Sulawesi, potensi udara kabur pada kota Palu, Kota Manado akan berawan. Cuaca cerah berawan akan terjadi pada kota Gorontalo dan Makassar. Selanjutnya pada kota Kendari diperkirakan akan berawan tebal. Terakhir, potensi hujan dengan intensitas sedang akan terjadi pada kota Mamuju.

Selanjutnya, BMKG memperkirakan pada Wilayah Indonesia Timur, diperkirakan bahwa Kota Merauke akan berawal tebal. Sedangkan pada kota Ternate, Ambon, Sorong, Manokwari dan Jayapura diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan. Berbeda dengan kota Nabire dan Jayawijaya yang diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang.

BMKG juga memprediksi mengenai suhu udara yang umumnya berkisar antara 16 hingga 34 derajat celcius dengan kelembaban berkisar antara 32 hingga 100 persen. Tinggi gelombang laut  pada wilayah Indonesia diperkirakan antara 0,5 hingga 2,5 meter.

Waspada potensi gelombang tinggi pada 2,5 hingga 4 meter yang diperkirakan terjadi di Samudra Hindia barat, Kepulauan Mentawai hingga Lampung dan samudra Hindia Selatan. Peningkatan kecepatan angin mencapai lebih dari 50 km/j diperkirakan terjadi di laut Jawa bagian timur dan samudra Hindia sebelah Selatan.

Selain itu, berdasarkan peta tingkat kemudahan terbakar, wilayah yang berpotensi sangat mudah terbakar diperkirakan terjadi di wilayah Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, sebagian besar pulau Jawa hingga Nusa Tenggara, pulau Kalimantan bagian selatan, kemudian wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sebagian kecil wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Gorontalo dan di wilayah Papua bagian selatan. BMKG mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati apabila melakukan aktivitas yang berhubungan dengan api. (Z-12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *