KM Kirana I Terbakar di Perairan Semarang, 52 ABK Berhasil Dievakuasi

KM Kirana I Terbakar di Perairan Semarang, 52 ABK Berhasil Dievakuasi


KM Kirana I Terbakar di Perairan Semarang, 52 ABK Berhasil Dievakuasi
KM Kirana I terbakar di Perairan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (11/8).(MI/Haryanto Mega)

Kapal KM Kirana I, kapal penyebrangan antarprovinsi milik PT Darma Lautan Utama, terbakar pada Minggu, (11/8), sekitar pukul 15.30 WIB. Kapal terbakar saat sedang lego jangkar di perairan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sekitar 3 mil laut dari dermaga pelabuhan, pada koordinat 110°24’564″ BT 6°55”067″ LS.

Kapal tersebut tiba dari Pelabuhan Sampit pada Sabtu (10/8) itu dan seharusnya melanjutkan pelayaran kembali ke Sampit pada Selasa, (13/8). Namun pada Minggu (111/8) anak buah kapal (ABK) mendengar ledakan dari dek tengah dan melihat api yang menyebar. Meskipun upaya pemadaman telah dilakukan, api tetap tidak dapat dikendalikan, sehingga ABK terpaksameninggalkan kapal dengan menceburkan diri ke laut.

Menurut keterangan Dir Polair Polda Jateng, Kombes Hariadi, sebanyak 52 ABK berhasil diselamatkan tanpa ada korban jiwa. Di antara ABK tersebut, 21 orang adalah ABK inti, 24 orang ABK dealer, dan 7 orang teknisi. Para ABK yang menceburkan diri ke laut berhasil diselamatkan Kapal Dit Polairud Polda Jateng dan tug boat TB. Nusantara VIII, TB. Krisna 315, serta TB. Satria Laksana 127.

Baca juga: Kapal Terbalik, Seorang Nelayan Dilaporkan Hilang di Perairan Batam

“Kami dari Dit Polairud Polda Jateng berhasil menyelamatkan 21 kru kapal dan untuk proses pemadamannya dilakukan oleh lima unit tug boat pemadam milik PT Pelindo Semarang,” jelas Kombes Hariadi.

Ia menambahkan bahwa penyebab kebakaran tersebut masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Kombes Hariadi juga menyampaikan bahwa Ditpolairud Polda Jateng telah melakukan berbagai tindakan cepat untuk menangani kejadian tersebut, termasuk mengamankan house perairan di sekitar lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan KN Nakula milik Basarnas, KT Bima 306, dan KT Kresna 315 untuk memastikan keselamatan ABK serta memadamkan api yang melanda kapal. (N-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *